Advertise

 
Jumat, 30 Desember 2011

Toleransi Sumber Kekuatan Bangsa

0 komentar
Para tokoh lintas agama menyampaikan keprihatinan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam refleksi akhir tahun 2011 di Jakarta, kemarin.

Pesan moral itu dibacakan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj. Hadir pada acara itu Ketua Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Andreas A Yewangoe, Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Mgr Situmorang dan Sekretaris KWI Romo Benny Susetyo, Ketua Parisada Dharma Indonesia Nyoman Suwisma, Ketua Majelis Budhayana Indonesia Khrisnanda, dan Sekretaris Matakin Kristian.

Said Aqil mengatakan keimanan merupakan modal mewujudkan toleransi antarumat beragama dan kekuatan untuk melangkah ke masa depan.

“Mencederai toleransi dan kerukunan ialah mencederai komitmen kebangsaan. Kasus Gereja Yasmin Bogor merupakan masalah kebangsaan yang mesti disele saikan secara baik dalam kebersamaan,” ujarnya.

Segenap komponen bangsa, baik penguasa maupun rakyat, tidak boleh merusak diri sendiri dan bangsa. “Semua pihak yang mempunyai kekuasaan supaya kembali kepada spirit melayani masyarakat agar tumbuh optimisme yang kuat dan maju ke depan,” ujarnya.

Para tokoh agama juga menilai musyawarah mufakat dan gotong royong telah tergerus sistem yang mengedepankan kepentingan besar dan selalu memenangkan modal besar.

Uskup Situmorang menambahkan, kendati semua agama saling menghormati, de facto baik atas nama agama atau tarikan politik dan ekonomi tidak jarang saling menusuk dan mengasingkan. “Egoisme, keserakahan, terasa dalam kehidupan bangsa kita sepanjang 2011 ini,” tegasnya.

Masih terkait intoleransi dan kekerasan, Menko Polhukam Djoko Suyanto berharap pemuka agama berperan serta dalam mengatasi konflik pembakaran pesantren Syiah di Sampang, Madura, pada Kamis (29/12).

“Ini tugas pemuka agama untuk lebih banyak berperan menyadarkan mereka yang tengah berkonflik,” tuturnya.

Dia juga berharap Kementerian Agama lebih berperan mendorong penyelesaian konflik yang terjadi.

Sumber : Media Indonesia

Leave a Reply

Labels

 
KUMPULAN BERITA © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here