Advertise

 
Selasa, 13 Desember 2011

Pendidikan Luar Sekolah dan Jaring Rantai Pemasok dalam Pendidikan

0 komentar
Pada konsep yang agak abstrak, pendidikan dapat dilihat sebagai suatu bentuk sistem produksi. Sebuah taman kanak-kanak menyerahkan sejumlah anak kecil kepada sebuah sekolah dasar. Selanjutnya sekolah dasar akan menyerahkan para lulusan kelas 6 ke sekolah menengah umum (SMP dan SMA). selanjutnya para murid tersebut akan disiapkan untuk menerima pendidikan tinggi di universitas, sebelum akhirnya terjun ke masyarakat sebagai konsumen langsung.
Pendidikan Luar Sekolah (PLS) secara konseptual memberikan sumbangsih yang begitu amat sangat peduli dengan pendidikan alternatif di berbagai lapisan masyarakat. Tidak dipungkiri memang… ini suatu jaring rantai pemasok tersendiri bagi lapisan tertentu. Lantas apa yang membuat para mahasiswa dan lulusannya begitu peduli dan geram kepada PLS…? kegagalan tentunya merupakan hal yang pahit, tapi banyak hal yang bisa dipelajari dari kisah kegagalan suatu sistem, dengan harapan tidak di ulangi pada sistem yang lain.
Tidak perlu jauh-jauh, ketika terbentuk IMADIKLUS apa harapan yang muncul dari para perumus dan mahasiswa PLS se Indonesia…? apakah sudah ada di benak kita masing-masing… apa yang sebenarnya di perjuangkan dan dicita-citakan? sudah cukupkah itu?
Teringat dengan cerita “things fall apart” yang mengisahkan seorang pria yang sepanjang hidupnya takut di anggap lemah. dia terobsesi menjadi pria sejati, pria yang kaya, kuat, dan dihormati. Menurutnya, dia telah melakukan segala yang harus diperbuatnya, termasuk membunuh anak asuhnya dan memukuli istrinya. Tetapi semua pencapaiannya menghadapi tantangan nyata ketika misionaris kristen mulai merambah benua Afrika. Perlahan mereka mencerabuti tradisi dan budaya kaum ibo. Melucuti kekuasaan para pemimpinnya.
Mungkin agak kurang nyambung ceritanya dengan topik ini, tapi jika kita runut kembali, mahasiswa PLS ini terlalu ketakutan dengan hasil yang didapat di PLS, terlalu berobsesi. Ketika hal itu tidak tercapai dan kecewa dengan sistem, tidak banyak yang bisa di lakukan…
Mari teman-teman PLS se Indonesia kita berkumpul (dalam arti luas), banyak media yang bisa dipergunakan, inilah saat untuk membuktikan diri, jangan sampai pertemuan demi pertemuan yang diadakan di setiap universitas dalam acara imadiklus terbuang sia-sia. Kita bangkit, lawan, dan jadikan dirimu PLS sejati, orang terhebat di dunia pendidikan.

Leave a Reply

Labels

 
KUMPULAN BERITA © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here