Advertise

 
Kamis, 15 Desember 2011

Flu dan Gejalanya

0 komentar
MUSIM penghujan tiba. Di musim hujan rasanya hidup kita tambah repot.
Aktivitas jadi terhambat karena hujan yang turun biasanya membuat jalanan banjir digenang air. Akbiatnya macet di mana-mana. Lebih parah lagi, di musim hujan tubuh jadi lebih mudah diserang penyakit.
Walau kita sudah membentengi diri dengan vitamin atau suplemen makanan, faktor cuaca yang kurang bersahabat bisa tiba-tiba menyerang kita. Belum lagi banyak penderita penyakit musim hujan berada di sekitar kita, entah di rumah, di kantor, maupun di jalanan yang ramai. Akibatnya, kita tak bisa menghindar terpapar virus.
Virus penyakit yang paling mudah menyebar adalah influenza atau sering kita sebut flu. Kita tahu, penularan virus ini sangat mudah, yaitu melalui udara yang mengandung virus, berpindah dari satu penderita ke penderita lain lewat batuk, bersin, atau kontak langsung melalui tangan.
Sakit flu adalah penyakit yang umum dan cukup sering ditemukan pada manusia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Setiap tahun seorang anak bisa terserang sakit flu sampai 9 kali, anak usia sekolah 12 kali, dan orang dewasa bisa 6 kali. Bila tak ditangani dengan tepat, flu bisa merembet menjadi komplikasi ke paru-paru.
Makanya, hal awal menangani flu adalah mengetahui gejalanya.
Apa saja gejala sakit flu?
  • Demam, suhu tubuh meningkat dengan cepat pada hari pertama, yaitu 38-41 derajat celcius, kemudian menurun pada hari kedua dan ketiga, dan dapat bertahan selama seminggu. 
  • Sakit kepala, dapat terjadi di dahi atau seluruh area kepala. 
  • Mylagia, rasa sakit pada otot-otot terutama lutut dan tulang belakang. 
  • Nyeri sendi kadang-kadang bisa terjadi.
  • Lemas.
  • Keluhan pada mata, rasa sakit saat menggerakkan mata, silau dan rasa panas pada mata. 
  • Keluhan saluran napas seperti hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan dan batuk.Batuk biasanya baru timbul setelah gejala yang lain sudah muncul dan pulih paling belakangan setelah gejala yang lain sudah hilang.

Pemulihan flu tergantung treatment yang dilakukan. Di sini, diperlukan obat yang tepat yang menyerang virus flu ke pusat sakit. Penggunaan obat yang tepat guna dapat mencegah dan mengatasi flu. Obat yang mengandung paracetamol, pseudoefedrin, dan antihistamin diperlukan.
Paracetamol digunakan untuk menghliangkan demam dan sakit kepala (analgetik). Pseudofedrinbekerja sebagai dekongestan yang meredakan hidung tersumbat. Sedang antihistamin bisa didapat dari kandungan klorfeniramin maleat.
Selain mengonsumsi obat, yang penting pula adalah tetap menyantap makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan minum cairan yang banyak. Ini penting untuk menghindari infeksi sekunder.
Procold yang merupakan produk dari Kalbe Farma telah 36 tahun lebih dipercaya sebagai Andalan saat flu oleh seluruh keluarga Indonesia. Selama 36 tahun tersebut telah dilakukan banyak inovasi untuk menjawab kebutuhan konsumen Indonesia.
Kandungan Procold yaitu Paracetamol, Pseudoefedrin HCl, dan Klorfeniramin Maleat terbukti secara klinis dapat mengobati semua gejala Flu, yaitu hidung tersumbat, bersin-bersin, demam, dan sakit kepala secara cepat, ampuh, dan aman bagi keluarga Indonesia.

Leave a Reply

Labels

 
KUMPULAN BERITA © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here