Advertise

 
Jumat, 30 Desember 2011

Duduk Terlalu Lama Bikin Bokong Membesar

0 komentar
Setiap jenis pekerjaan, baik di dalam maupun di luar ruangan, memiliki risiko masing-masing, khususnya bahaya kesehatan. Misalkan saja, bekerja di luar ruangan membuat kita berisiko lebih terpapar polusi, sedangkan di dalam ruangan, ada banyak bahaya kesehatan yang mengintai terutama karena terlalu lama duduk.

Sebelumnya, terlalu lama duduk dikaitkan dengan risiko lebih meninggal dini. Kini, ada penemuan baru yang mengungkap terlalu banyak duduk bisa membuat bokong kita lebih besar.

Diketahui, sel-sel tubuh akan memberikan reaksi buruk saat terbebani oleh berat tubuh kita untuk jangka waktu yang lama. Sebuah artikel di Inggris yang dimuat di Telegraph menjelaskan bagaimana para ilmuwan di Tel Aviv University menemukan bahwa tekanan ditempatkan pada pinggul dan pantat sambil duduk dapat menghasilkan lebih banyak lemak di daerah tersebut.

"Para peneliti menemukan bahwa sel-sel preadipocyte, prekursor sel-sel lemak, berubah menjadi sel lemak dan bahkan menghasilkan lebih banyak lemak saat dalam posisi beban peregangan mekani atau ketika kita duduk dan berbaring," kata para peneliti.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa bahkan orang-orang dengan pola makan sehat dan berolahraga teratur tetap bisa mendapatkan dampak negatif ini.

James Levin MD dari Mayo Clinic mengatakan ada banyak cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah penumpukan lemak di pantat akibat terlalu banyak duduk. Misalkan sesekali berdiri dari bangku untuk meluruskan punggung untuk sekadar mengobrol atau menelepon. Atau, ambillah istirahat dan berjalan-jalanlah di sekitar area kantor atau naik-turun tangga.

Sumber : Media Indonesia

Leave a Reply

Labels

 
KUMPULAN BERITA © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here