Advertise

 
Sabtu, 17 Maret 2012

Perbedaan Telur Putih & Cokelat

0 komentar
Membeli telur, sulit untuk mengetahui kualitasnya lantaran tersembunyi di balik cangkang. Apa beda antara telur bercangkang putih dengan cokelat?

Simak perbedaan antara telur putih dan cokelat, seperti dilansir Huffingtonpost, Sabtu (17/3/2012).

Tergantung jenis ayam

Jawabannya cukup sederhana, telur putih berasal dari ayam berbulu putih dengan lobus telinga putih. Sementara, ayam bewarna merah dengan lobus di telinga berwarna merah menghasilkan telur dengan cangkang cokelat. Selain itu, ada ayam jenis tertentu yang memiliki telur berbintik-bintik biru, tapi secara nutrisi, tidak ada perbedaan dengan jenis telur lainnya. Yang berbeda hanyalah penampilan luar.

Telur cokelat lebih mahal

Banyak yang berkata bila telur cokelat harus lebih baik dari telur putih karena harganya lebih mahal. Apa yang membuat telur cokelat lebih mahal adalah karena ukurannya; ayam yang menghasilkan telur cokelat akan lebih besar ukurannya daripada ayam yang menghasilkan telur putih.

Perbedaan pada sel

Selain warna, tidak ada perbedaan yang mendasar. Sebagian orang membuat asumsi bahwa coklat pada kulit telur lebih sulit dari yang berwarna putih.

Perbedaan di kuning telur

Banyak yang bilang kalau telur cokelat memiliki warna kuning lebih kaya daripada telur putih. Jenis pakan ayam yang menghasilkan telur berwarna cokelat lebih bervariasi, terutama mengonsumsi lebih banyak jagung, salah satu sumber makanan yang menghasilkan warna kuning pada telur. Jadi, belum tentu warna kulit akan memengaruhi warna kuning telur. (okefood.com)

Leave a Reply

Labels

 
KUMPULAN BERITA © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here