Advertise

 
Sabtu, 17 Maret 2012

Kejahatan Tersembunyi Daging Merah Olahan

0 komentar
Anda terbiasa mengkonsumsi daging merah olahan setiap hari? Wah, Anda patut berhati-hati, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa daging merah olahan yang dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan risiko kematian dini hingga 20 persen.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Universitas Harvard menemukan bukti bahwa mengkonsumsi daging merah olahan meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker. Para peneliti memperoleh data responden dari hasil penelitian terhadap 37.698 lelaki yang diikuti selama 22 tahun dan 83.644 perempuan yang dilacak selama 28 tahun.

“Studi ini memberikan bukti yang jelas bahwa konsumsi rutin daging merah, terutama daging  olahan memberi kontribusi besar kepada kematian dini.â€
 Frank Hu, penulis senior studi dalam Archives of Internal Medicine yang dikutip dari BBC.
Konsumsi satu porsi daging merah yang tidak diproses setiap hari, berkaitan dengan 13 persen peningkatan resiko kematian. Sedangkan konsumsi satu porsi daging merah olahan seperti sosis, kornet, burger dan lainnya berkaitan dengan peningkatan 20 persen risiko kematian.

Di antara penyebab khusus, peningkatan risiko yang berkaitan ialah 18 persen dan 23 persen kematian akibat penyakit pembuluh darah dan jantung. Dan 10 persen serta 16 persen kematian akibat kanker. Dari penelitian disebutkan, penyebab kematian dini dalam konsumsi daging merah olahan merupakan efek dari zat-zat yang merugikan tubuh, seperti zat besi heme, lemak jenuh, sodium, nitrat dan karsinogen tertentu yang terbentuk selama proses memasak, ditambah lagi dengan adanya pengawet makanan.

Para peneliti memperkirakan 9,3 persen kematian pada lelaki dan 7,6 persen pada perempuan, dapat dicegah pada akhir penelitian lanjutan kalau saja semua peserta mengonsumsi kurang dari separuh porsi daging merah setiap hari. (*/OL-06) 

Leave a Reply

Labels

 
KUMPULAN BERITA © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here